Selasa, 10 Februari 2009

Banner Kampanye Sebagai Alat Promosi


Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 - Banner kampanye dimana-mana. Itulah kata yang tepat untuk jalan raya di seluruh Inonesia (mungkin). Semua sudut gang, pertigaan jalan, sampai pohon-pohon tak bersalah ikut jadi korban sandaran baaner kampanye.
Yang lucu, semua desain banner tampaknya sama, di sana ada foto caleg, gambar partai dan nomor lalu nama caleg serta nomor urut yang diberi centang. Sepertinya itu jadi syarat utama baaner kampanye caleg, sehingga orang yang membaca dan melihat tambah bingung karena semua hampir sama.
Ada sisi lain dari kisah-kisah banner di pemilu Indoneisa tahun 2009 ini, yaitu larisnya usaha percetakan. Percetakaan di beberapa tempat didominasi oleh pesanan banner. Yang saya pikirkan, apabila semua transaksi pembuatan banner kampanye tercatat rapi, berapa duit yang berputar di tahun 2009 ini husus untuk banner. Lumayan memang untuk mengisi pundi-pundi ekonomi di 2009.
Pada intinya, sudah saatnya bannaer tidak lagi menjadi senjata utama bagi promosi caleg, karena masih banyak cara dan jalan untuk kampanye yang lebih efektif. Mulai dari menyebarkan bulletin ke rumah-rumah, sampai perkelan diri oleh caleg door to door bisa menjadi alternaif

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner